02 February, 2012

KEUMALA

Keumala Film Indonesia bergenre Drama dan untuk segmen remaja yang tayang sejak hari ini 1 Maret 2012 di studio 21 Banjarmasin
KEUMALA
Durasi : 100 Menit
Kode M-TIX : KEUM
Jenis Film : Drama
Produser : Teuku Muhammad Iqbal
Produksi : INDIRAMA FILMS
Sutradara : Andhy Pulung

SINOPSIS KEUMALA

Senja. Momen alam yang paling indah. Setidaknya itu menurut Langit, sang fotografer. Awalnya senja cuma pelarian atas kekecewaannya terhadap masa lalunya Pelarian yang justru mengajarkannya banyak makna kehidupan. Jadilah ia mengadakan pameran foto bertema langit senja di sebuah kapal

Siapa sangka, di kapal ia justru terlibat perdebatan menyebalkan yang mengusik lagi soal idealismenya sebagai fotografer dengan seorang penulis dan pembuat sketsa yang cantik tapi kepala batu bernama Keumala

Perdebatan-perdebatan ini justru membuat mereka semakin menuding sekaligus dekat dan saling memahami. Dan mungkin manjadi 'rasa'. Di kapal juga, dua manusia yang terbawa romantisme senja di kapal ini berkenalan dengan anak perempuan usil yang cerdas sekaligus optimis soal mimpinya menunggu ibu yang belum juga ditemukan paska tsunami Aceh

Di Sabang, Keumala justru dibenturkan lagi oleh pertanyaan-pertanyaan tentang cinta. Setelah ia mengetahui ia justru divonis menderita retinitis pigmentosa, sebuah penyakit menurun yang bisa berujung pada kebutaan.

Keumala semakin membutuhkan jawaban apakah ia dicintai Langit?
Sanggupkah ia menghasilkan karya jika ia buta? Apakah senja terindah itu berhasil ditemukan oleh Langit? Dapatkah semua pertanyaan-pertanyaan itu terjawab dengan cerita indah?

Film Keumala hadir, mungkin tidak untuk menjawab semua pertanyaan tentang hidup. Tapi bisa jadi mengingatkan kita tentang nilai kesyukuran dan pentingnya tetap menjaga harapan.

Resensi | Review Film Keumala

Seorang gadis yang berprofesi sebagai penulis novel bernama Keumala (Nadia Vega), sangat gemar dengan suasana sejuk senja. Suasana tersebut bisa memacu kreatifitas Keumala untuk membuat berbagai karya, mulai dari menggambar hingga menulis cerita.

Saat melakukan perjalanan dengan kapal laut menuju Sabang, Keumala bertemu dengan seorang fotografer bernama Langit (Abimana Arya) yang kebetulan juga suka dengan suasana senja. Namun awal perjumpaan mereka tidaklah harmonis, keduanya saling beragumen dengan suasana senja sekaligus profesi novelis dan fotografer.

Seiring berjalannya waktu dalam perjalanan tersebut, komunikasi antara Keumala dan Langit mulai berjalan lancar dan menimbulkan benih-benih cinta. Tapi sayang, ketika kapal laut sudah berlabuh di Sabang, Keumala pergi meninggalkan Langit tanpa alasan atau sekedar ucapan perpisahan. Keumala merahasiakan sesuatu dari Langit, berupa penyakit retinis pigmentosa yang pada akhirnya bisa menyebabkan kebutaan.

Dari segi cerita, film Keumala sangatlah romantis dan puitis. Bahasa atau percakapan yang digunakan di film Keumala layaknya sepasang kekasih yang saling berbalas surat menggunakan puisi, namun tetap bisa dimengerti.

Meskipun lokasi syuting yang digunakan film Keumala cukup sederhana, namun mereka berhasil menyajikan pemandangan yang indah khas Sabang, seperti laut yang jernih dan pantai yang masih perawan. Tentunya hal ini bisa memberi nilai lebih kepada para penonton, dimana kita biasa mendengar 'Sabang sampai Merauke' namun belum tentu sudah melihat keindahan Kota yang belokasi di seberang Utara pulau Sumatera tersebut.

Selain itu, film ini seakan menjadi debut aktris Nadia Vega kembali ke dunia seni peran, setelah kurang lebih 5 tahun vakum akibat fokus menjalani pendidikannya di Royal Melbourne, Institute of Technology jurusan Interactive Multimedia Screen and Media 3D Animation, Australia.

Walau film Leak (2007) adalah layar lebar terakhir yang pernah dibintangi Nadia, namun dirinya mampu berduet dengan apik bersama Abimana Arya yang diketahui lebih eksis di dunia film saat ini.

Secara keseluruhan, film ini memiliki pesan tentang ketegaran seseorang dalam menghadapi cobaan, dimana masalah tersebut tentunya akan terasa lebih ringan jika didampingi oleh orang-orang yang disayangi.

Apakah Keumala akan menceritakan alasannya kepada Langit tentang penyakit yang dideritanya? dan apakah Langit bisa tetap mencintai Keumala dengan kondisi Buta? jawabannya hanya bisa disaksikan lewat film Keumala yang resmi dirilis tayang di bisokop XXI Banjarmasin pada tanggal 1 Maret 2012.






Info dan Gambar Film Yang Yang Ada Di Nontonan.com Studio 21 Banjarmasin didapat dari www.21cineplex.com

0 comments:

Post a Comment