17 August, 2016

4 Tips Hemat Listrik Dengan Perangkat Elektronik Kekinian

Tips Hemat Listrik - Sudah menjadi hal yang lumrah jika tarif listrik semakin kesini semakin naik, hal tersebut ditambah lagi tambahan biaya yang dibebankan kepada konsumen listrik seperti beban biaya administrasi sebesar Rp 1.300-1.600 per transaksi oleh bank, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang besarnya maksimal 10% sesuai Pemerintah Daerah masing-masing pelanggan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%, dan tambahan potongan bea materai untuk pembelian pulsa listrik diatas 300 ribu rupiah. Akibatnya, jumlah kWh yang didapatkan semakin kecil dibandingkan nominal uang yang dibayar.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan saat ini untuk menghemat listrik, seperti yang kita ketahui masalah besarnya biaya listrik saat ini menjadi masalah bagi beberapa rumah tangga mulai dari yang rumah sederhana kecil hingga rumah besar pun mengeluh dengan besarnya biaya listrik.

Berikut ini timnasindonesia.info hadirkan 4 tips menghemat listrik dengan menggunakan perangkat elektronik kekinian. Perangkat elektronik keluaran terbaru saat ini diklaim mengkonsumsi daya listrik yang lebih efisien dibanding perangkat terdahulu, apa saja itu simak selengkapnya dibawah ini.

1. Gunakan Listrik Sistem Pulsa Prabayar
Listrik Prabayar

Sistem kerja lsitrik prabayar adalah berdasarkan pulsa yang kita beli sebelumnya, maka saat anda kehabisan pulsa karena pemakaian yang berlebihan maka listrik akan padam, memang ini terlihat seperti sedikit menyulitkan tetapi dengan cara ini anda akan tau bagaimana cara mengatur alokasi listrik yang tepat untuk menghindari keborosan yang tidak perlu.


Untuk membeli token pulsa listrik PLN secara online anda bisa membelinya dengan cepat di Blibli.com jual token listrik PLN online secara mudah.

2. Lampu LED 
Lampu jenis Light Emitting Dioda atau LED memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural, dan lebih tahan lama.

Artinya dengan daya listrik yang rendah, lampu LED mengeluarkan cahaya lebih terang setara lampu lain dengan daya listrik lebih besar. Misalnya untuk kamar mandi atau kamar tidur kecil, lampu LED daya 3 watt sudah mencukupi kebutuhan penerangannya. Untuk ruangan lebih besar, kalian bisa memakai lampu LED berdaya lebih besar seperti 4 watt, 5 watt, dan seterusnya.
3. TV LED
Tv Led Hemat Listrik
Sama halnya seperti lampu, sebaiknya Sepulsa Mate juga mengganti televisi tabung atau LCD di rumah dengan televisi LED. Lebih baik lagi TV LED yang memiliki fitur hemat energi atau Eco.

Perbandingan daya listrik TV tabung atau TV LCD dengan TV LED sangat jauh. Jika TV tabung atau LCD ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya membutuhkan daya listrik 40-50 watt saja. Bahkan jika fitur hemat listrik atau Eco diaktifkan, daya listrik akan lebih hemat hingga separuhnya menjadi 20-25 watt saja. Beberapa merek bahkan memiliki fitur hemat listrik dalam beberapa tingkatan.

Cara kerja fitur hemat listrik TV LED adalah meredupkan lampu LED di dalam TV sehingga lebih hemat listrik. Cahaya akan berkurang terangnya namun justru lebih adem dan nyaman di mata. Lebih hemat listrik pula. Jangan lupa manfaatkan diskon belanja TV LED di toko online dari beli pulsa di Sepulsa ya.

4. AC Hemat Listrik
Di kota-kota besar yang bersuhu udara panas, hampir setiap rumah menggunakan pendingin udara atau AC. Nah, pastikan Sepulsa Mate memilih sumber daya AC sesuai volume ruangan. AC dengan daya ½ hingga ¾ PK akan menghasilkan kesejukan sekitar 5.000-7.000 BTU/h yang sesuai untuk ruangan kamar tidur.

Sementara AC berdaya 1-1,5 PK akan menghasilkan daya 9.000-12.000 BTU/h yang cocok untuk ruang tamu yang lebih luas. Semakin besar dayanya semakin besar pula pemakaian listriknya.

Pastikan pula memilih AC yang memiliki fitur hemat listrik. AC 1 PK tanpa fitur hemat listrik bisa membutuhkan konsumsi listrik hingga 600-700 watt. Sementara AC dengan fitur hemat listrik diaktifkan hanya memakai daya 260 watt saja. Gunakan timer juga untuk mematikan AC secara otomatis saat suhu udara alam sudah lebih dingin. Harga AC hemat listrik memang lebih mahal, namun untuk jangka panjang sangat efektif untuk menghemat listrik.

0 comments:

Post a Comment