05 October, 2016

Bingung Bagaimana Cara Mendapatkan Perumahan Murah? Cek Disini!

Perumahan Murah


Meningkatnya jumlah populasi masyarakat di Indonesia berbanding lurus dengan permintaan akan hunian atau rumah layak tinggal. Namun, untuk masyarakat kelas menengah ke bawah dengan penghasilan yang pas-pasan, memiliki rumah tentu bukan hal yang mudah. Dari data yang berhasil didapat, setidaknya angka kekurangan tempat tinggal di Indonesia mencapai 15 juta lebih. Angka demikian menjadi cambuk bagi pemerintah agar dapat melakukan suatu tindakan guna mengatasi permasalah ini.

Demi menuntaskan masalah hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), pada tahun 2015 lalu, pemerintah sudah mencanangkan untuk melakukan program pembangunan satu juta rumah. Suatu solusi yang cukup baik kiranya dari pemerintah, hanya saja banyak orang yang belum mengetahui akan program ini atau tidak mendapatkan info yang lengkap dan benar karena kurangnya sosialisasi serta penyebaran informasi dari berbagai media. 

Untuk yang tertarik ingin mendapatkan  perumahan murah dari program pemerintah, tapi belum mengetahui apa saja syaratnya, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

1. Tidak memiliki rumah pribadi
Untuk bisa mendapatkan perumahan murah, syarat pertama adalah sebelumnya memang tidak memiliki rumah pribadi. Hal ini dimaksudkan agar program pembangunan satu juta rumah ini benar-benar tepat sasaran yaitu untuk MBR.

2. Tidak pernah menerima bantuan subsidi dari pemerintah
Syarat selanjutnya yaitu tidak pernah menerima subsidi dari pemerintah. Jadi, ketika mengikuti program, ini merupakan bantuan yang pertama. Misalnya, jika sudah pernah menerima bantuan seperti Rusunami, maka tidak diperbolehkan untuk ikut program satu juta rumah.

3. Batas penghasilan
Ada dua jenis penghasilan maksimal yang diterapkan pemerintah untuk dapat mengikuti program ini. Pertama, bagi yang berpenghasilan maksimal 4 juta, maka boleh mengambil kredit rumah tapak. Sedangkan untuk kredit rumah susun, batas penghasilan maksimal adalah 7 juta.

4. Rumah harus segera di huni
Apabila rumah murah sudah didapatkan, maka tidak diperbolehkan untuk kepentingan lain atau dipindahkan haknya kepada orang lain. Misalnya, rumah disewakan atau hak kuasanya di serahkan kepada saudara. Jadi, harus anda sendiri dan keluarga yang mendiami rumah tersebut. Rumah juga hendaknya segera dihuni atau jangan dibiarkan kosong terlalu lama.

5. Status pekerjaan
Bagi yang ingin mengikuti program, status pekerjaannya harus sudah berstatus pegawai tetap. Ini merupakan sebuah jaminan untuk pihak bank yang menangani cicilan KPR. Jadi, pastikan terlebih dahulu status pekerjaan anda sebelum mengambil rumah murah dari progaram ini.

6. Memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP)
Untuk memudahkan proses pembelian rumah, maka anda harus memiliki nomor pokok wajib pajak atau NPWP. Sertakan pula lampiran surat keterangan penghasilan yang bisa diperoleh dari tempat bekerja. Syarat-syarat ini bertujuan agar pihak pengurus dapat memastikan bahwa program ini memang sampai kepada yang berhak menerima.

Setelah mengetahui apa saja syaratnya, anda bisa mulai menyiapkannya dari sekarang. Tunggu apa lagi, segera penuhi berbagai syaratnya untuk bisa mendapatkan rumah murah impian anda!

0 comments:

Post a Comment