18 October, 2016

Fakta Mitos Mandi Malam Penyebab Rematik

Mandi Malam Bisa Menyebabkan Rematik??? Mitos Atau Fakta? Temukan Jawabannya Disini!

Mandi Malam Penyebab Rematik Mitos Fakta

Sebagian besar dari kita melakukan aktivitas mandi biasanya pagi dan sore, ini sudah menjadi kebiasaan orang pada umumnya. Namun, bagaimana jika sesekali, kita terpaksa harus mandi di luar waktu tersebut? misalnya mandi sebelum subuh atau malam hari? Ada beberapa informasi yang menyebutkan bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan penyakit rematik, apakah ini benar atau hanya mitos saja? 
Berbagai info yang berkembang soal mandi sering kita dengar, namun terkadang kita tidak mengetahui kebenarannya. Nah, untuk mengetahui beberapa fakta menarik tentang mandi, yuk cari tahu penjelasannya melalui artikel ini!

Waktu Ideal Untuk Mandi
Waktu terbaik untuk mandi menurut medis adalah saat usai bangun tidur di pagi hari dan juga setelah melakukan berbagai aktivitas seharian yaitu sore hari. Idealnya, kita memang mandi minimal 2 kali dalam sehari. Namun, perlu diketahui jika harus mandi di waktu lain, misalnya malam, tentu tidak apa-apa.

Benarkah Mandi Malam Bisa Rematik?
Pertanyaan ini mungkin pernah anda dengar atau justru anda sendiri juga sering bertanya-tanya seperti ini? karena rasa khawatir, terkadang kita jadi takut untuk mandi malam. Well, ternyata mandi malam sama sekali tidak ada kaitannya dengan penyebab rematik. Seperti yang diungakapkan oleh dr. Adithia Kwee, beliau mengatakan info yang menyebutkan bahwa mandi malam dapat menyebabkan rematik adalah mitos atau tidak benar. 

Penyakit rematik merupakan suatu penyakit autoimun, dimana penyebab terjadinya penyakit ini lebih karena adanya kelainan genetik. Jadi, sama sekali tidak ada kaitannya dengan mandi malam. Justru, jika anda mandi malam hari menggunakan air hangat, saat tubuh dalam keadaan kotor, berkeringat dan lelah, ini dapat membuat badan terasa lebih bersih, segar dan rileks. 

Manfaat Mandi Malam
Untuk semakin menghilangkan keraguan akan mandi malam yang katanya menyebabkan rematik, terakhir akan saya berikan informasi mengenai manfaat mandi malam

Menurut Christopher Winter, M.D yang berasal dari American Academy of Sleep Medicine, mandi menggunakan air hangat dapat membuat suhu tubuh naik namun akan kembali normal lagi ketika selesai mandi. Adanya perubahan suhu tubuh yang terjadi saat mandi ini dapat memicu rasa kantuk. Dapat anda bayangkan jika anda mandi di malam hari menggunakan air hangat? hal ini tentu akan membuat anda cepat mengantuk sehingga bisa beristirahat dengan nyaman dan mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Manfaat lainnya dari mandi malam menggunakan air hangat adalah mampu mengurangi stress, apalagi jika saat mandi, anda menambahkan beberapa tetes minyak lavender sebagai aroma terapi. Ini bisa membuat otot lebih rileks dan mengurangi hormon kortisol penyebab stress, efeknya peredaran darah jadi lebih lancar.

Setelah mengetahui informasi yang benar, anda tentu tidak perlu takut lagi mandi malam. Jangan lupa untuk menggunakan sabun mandi berkualitas yang dapat menghilangakn kuman dan membuat tubuh anda wangi!

0 comments:

Post a Comment