05 October, 2016

Fakta Tentang Imunisasi Anak Yang Perlu Anda Ketahui!

Imunisasi Anak

Perdebatan atau kontroversi mengenai imunisasi anak hingga saat ini masih saja berlangsung. Ada yang pro dan kontra. Umumnya, mereka yang sering berdebat adalah orang-orang yang masih belum mengetahui benar apa dampak dari masing-masing tindakan, selain itu karena mereka merasa bahwa pendapatnya lah yang benar.

Terlepas apakah imunisasi anak memang perlu dilakukan atau tidak, saya rasa tidak ada salahnya jika kita mau membuka diri untuk menerima segala informasi dan pengetahuan. Seperti info mengenai beberapa fakta terkait imunisasi berikut ini. Silahkan disimak!

Imunisasi Untuk Pencegahan Penyakit
Pemberian imunisasi biasanya dilakukan secara spesifik misalnya untuk mencegah penyakit tertentu. Ada beberap imunisasi yang diberikan seperti imunisasi Polio, Hepatitis B, Campak dan lainnya. Pemberian imunisasi spesifik ini dimaksudkan agar anak tidak mudah sakit serta dapat terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya.

Meningkatkan Sistem Imun
Vaksin yang diberikan pada bayi dan anak bertujuan untuk merangsang terjadinya peningkatan akan sistem imunitas atau kekebalan tubuh sehingga jika ada kuman yang masuk, tubuh bisa bertahan dan tidak gampang sakit. Jadi, jika ada yang beranggapan bahwa vaksin justru melemahkan tubuh, ini tentu persepsi yang keliru.

Tidak Ada Larangan Imunisasi
Pernah beredar informasi bahwa imunisasi tidaklah penting atau berbahaya. Ini adalah informasi yang salah dan apabila kita pernah mendengar suatu informasi yang dirasa janggal, hendaknya diteliti dan dicari tahu dulu kebenarannya. 

Menurut para ahli, imunisasi tidaklah berbahaya selama bahan yang digunakan memang aman. Bahkan, program pemberian vaksin ini memiliki dampak yang cukup baik seperti pencegahan penyakit, penurunan angka kematian,  dan terhindar dari cacat.

Dampak Pasca Imunisasi
Usai pemberian vaksin, biasanya anak akan mengalami demam ringan, rewel, timbul ruam dan juga bengkak. Tidak perlu khawatir, karena hal semacam ini memang umum terjadi. Dampak pasca imunisasi merupakan bentuk reaksi dari dimasukkannya vaksin ke dalam tubuh. Dalam beberapa hari, sekitar 3-4 hari gejala ini akan hilang dan anak akan kembali normal seperti biasa.

Itu tadi, beberapa fakta mengenai imunisasi pada bayi dan anak yang perlu anda ketahui. Semoga sedikit informasi ini, bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Salam!

0 comments:

Post a Comment