17 November, 2016

Daftar Harga Printer Yang Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

Harga Printer 2017

Printer merupakan komponen hardware yang cukup penting dan vital pada perlengkapan komputer. Keberadaan printer menjadi vital karena fungsinya memberikan output berupa cetakan yang telah dibuat dengan software, umumnya MS Office atau graphic desain lainya. Banyak orang akan mencari perangkat keras saat pameran komputer tiba. Mereka mungkin akan membeli perlengkapan komputer, atau hanya survei harga dan update informasi tentang dunia perkomputeran. Daftar harga printer menjadi salah satu yang diburu calon konsumen, selain harga notebook, atau hardware lainya. 

Penentuan harga printer dipengaruhi oleh spesifikasi dan juga merk produsen. Spesifikasi yang sama dengan produsen berbeda kemungkinan memiliki harga yang berbeda pula. Selain itu, kompleksitas printer juga mempengaruhi angka pada daftar harga printer tersebut.

Daftar Harga Printer Berdasarkan Merk Yang Banyak Digunakan Masyarakat
Sebagai masyarakat tentunya kita sudah sama-sama mengetahui bagaimana printer yang bisa diandalkan. Kita memiliki kriteria sendiri soal printer yang nyaman dan cocok dipasangkan dengan komputer. Beberapa pertimbangan diantaranya harga, kualitas gambar, dan juga ketersediaan suku cadang. Beberapa hal yang penting adalah kualitas gambar dan ketersediaan suku cadang. Hal ini dimaksudkan supaya dikemudian hari jika ada kerusakan, akan lebih mudah menemukan suku cadang penggantinya. 

Suku cadang yang banyak dicari adalah catridge. Pemilihan kriteria printer ini ada yang berdasarkan rekomendasi dari teman atau orang yang lebih paham, namun ada juga yang melalui riset pasar serta melihat sendiri kualitas hasilnya melalui internet. Berikut adalah daftar harga printer yang banyak digunakan masyarakat yang perlu Anda ketahui.

1. CANON
Canon adalah salah satu merk printer yang banyak digunakan masyarakat. Hal ini karena keberadaanya yang cukup senior sebagai mesin cetak generasi pertama yang masuk ke pangsa pasar Indonesia. Daftar harga printer Canon dapat dilihat di situs marketplace bhinneka.com yang menjadi rujukan utaman dalam artikel ini. Dalam situs tersebut, Anda bisa melihat dan membandingkan printer Canon seri mana yang akan menjadi tambatan hati Anda. 

Seperti yang disebutkan bahwa merk Canon menjadi pionir mesin cetak di Indonesia sejak tahun 90’an. Mengamati situs bhinneka.com, Anda bisa melihat perbandingan harga termurah dari printer Canon adalah Rp 500.000, yaitu seri IP2870S. Sedangkan daftar harga printer Canon termahal adalah pada seri LBP-5970, yaitu Rp 51.000.000. Dalam daftar harga printer Canon seri LBP-5970 dibandrol dengan harga sangat tinggi dikarenakan kualitasnya yang memang premium. Jika Anda menggunakan printer seri ini, kecepatan mencetak Anda meningkat drastis hingga 32 ppm. 

Selain itu, seri LBP-5970 ini juga mampu mencetak hingga 10.000 lembar per bulannya. Harga Rp 51.000.000 tentu tidak bisa dibilang murah untuk kalangan menengah ke bawah dengan ekonomi dan budget pas-pasan. Terlebih lagi mahasiswa, jika hanya untuk membeli printer, tentu barang bekas yang masih bagus tetaplah menjadi pilihan. Jika yang melihat daftar harga printer adalah mahasiswa, tentu kisaran dibawah Rp 2.000.000 sudah sangat cukup. Terlebih lagi jika penggunaanya hanya untuk keperluan mencetak dokumen pada kertas A4.

2. EPSON
Jika Anda melihat dalam situs bhinneka.com, Anda akan menemukan merk Epson dalam daftar harga printer. Produsen Epson ini juga merupakan pemain senior di kancar permesin-cetakan Indonesia. Sejak awal masuknya, Epson bisa dikatakan kompetitor potensial untuk Canon dan printer sejenis di kelasnya. Printer keluaran Epson memiliki keunggulan dalam beberapa hal, diantaranya adalah infus yang sudah termasuk ketika pertama kali pembelian. 

Pada saat pembelian pertama, Anda sudah mendapatkan infus tinta printer. 

Printer Epson untuk seri L sudah tidak menggunakan catridge, jadi Anda bisa sedikit menghemat biaya pengeluaran operasional setidaknya untuk pengisian tinta. Kedua, printer Epson dinilai memiliki kualitas gambar yang bagus. Tidak heran jika di beberapa studio percetakan foto, Anda akan menemui printer Epson digunakan untuk memberikan hasil cetakan yang maksimal. Ketiga, printer Epson termasuk salah satu yang jarang menderita error. 

Dalam daftar harga printer Epson di situs bhinneka.com, Anda bisa melihat printer merk ini diual mulai dari harga Rp 1.500.000an untuk yang termurah, yaitu seri L120. Sedangkan untuk harga termahal, Epson menawarkan seri EPSON WorkForce Pro WF-R8591, yaitu Rp 59.000.000. Untuk seri WF ini karena memang ukuranya yang besar sehingga harganya pun mahal. Jika printer seri lainya bisa cukup diletakan di meja, seri WF mungkin membutuhkan meja yang sedikit lebih besar.

3. FUJI XEROX
Dalam daftar harga printer yang Anda lihat di situs bhinneka.com, Anda akan menemukan brand Fuji Xerox. Ini adalah printer legendaris yang sudah cukup lama mencengkramkan hagemoninya di nusantara. Betapa tidak, saat Anda berjalan di daerah kampus, Anda akan menemukan banyak warung fotokopi atau jasa percetakan. Beberapa yang sudah berumur akan terlihat menggunakan mesin ini. Ya, Fuji Xerox adalah mesin cetak sekelas Canon yang juga pernah merajai kancah mesin percetakan di Indonesia. 

Namun kiprahnya yang padam dalam waktu singkat karena digantikan oleh banyak kompetitor unggul, tidak lantas menyurutkan perjuangan Fuji Xerox dalam menjaga konsistensi mesin cetaknya. Hal ini terlihat semakin banyaknya varian printer Fuji yang beredar di pasaran. Masih merujuk pada situs bhinneka.com, daftar harga printer Fuji Xerox bervariasi, mulai dari harga yang terjangkau kalangan menengah kebawah, hingga yang harganya tinggi selangit, hampir seharga sebuah mobil. 

Harga yang ditawarkan pada daftar harga printer Fuji Xerox termurah ada pada seri DocuPrint P115W, yaitu Rp 920.000. Harga ini sangat terjangkau bagi Anda yang ingin membuka usaha bidang jasa percetakan dokumen, atau hanya untuk pemakaian sendiri. Sedangkan untuk harga termahal, Fuji Xerox memiliki Phaser[7800] seharga Rp 109.000.000an. Inilah yang membuat Fuji Xerox terlihat berbeda dari produsen printer di kelasnya. Harga yang tinggi ini menunjukan komitmen Fuji memproduksi printer kelas premium.

4. HP
Produsen hardware Hawlett-Packard nampaknya tidak mau ketinggalan meramaikan kancah industri printer dalam negeri. Kita masih menggunakan situs bhinneka.com sebagai sumber referensi melihat daftar harga printer. Terlebih lagi, ada banyak pilihan di situs ini bagi Anda yang ingin sekedar survei atau membandingkan harga sebelum membeli. Harga printer HP termurah di situs bhinneka.com ada pada seri HP Deskjet 1112 [K7B87D] yaitu Rp 500.000. Harga ini bisa dibilang cukup murah jika hanya sekedar memiliki printer yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen. 

Printer merk HP terkenal memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya, printer HP cocok digunakan untuk keperluan mencetak dokumen di kantor, jika hanya untuk kertas biasa. Catridge bawaan printer ini lebih awet dibandingkan dengan merk lainya. Selain itu, hasil cetakan untuk teks terlihat lebih bagus dari pada merk lain, meskipun sebenarnya “menjadi terlihat jelas” sudah lebih dari cukup untuk jenis mencetak teks.

Ulasan diatas adalah perbandingan daftar harga printer berbagai merk yang banyak digunakan di Indonesia. Jika Anda ingin membeli printer, hal yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan, apakah printer akan digunakan untuk mencetak dokumen saja, atau untuk mencetak foto dan penggunaan lainya yang lebih kompleks. Semakin kompleks keperluan, semakin disarankan pula menggunakan printer dengan spesifikasi tinggi, tentu saja masalah harga menjadi faktor selanjutnya yang perlu dipertimbangkan.

0 comments:

Post a Comment