23 December, 2016

Impian Memiliki Rumah Murah Dari Pemerintah

Perumahan Murah Indonesia

Memiliki rumah sendiri mungkin merupakan mimpi dari setiap orang. Namun harga rumah yang semakin hari semakin mahal seakan memupuskan harapan. Down payment (DP), angsuran serta proses administrasi pun menjadi kendala yang lebih berat lagi bagi kamu yang bercita-cita memiliki perumahan murah . 

Apa kamu mau rumah dengan DP, angsuran dan proses administrasi yang mudah? Kalo begitu kamu ikut saja program dari pemerintah yang mulai dicanangkan di tahun 2016 ini. Program tersebut bernama Program Sejuta Rumah.

Program Sejuta Rumah menawarkan sejumlah perumahan murah yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpura), Syarif Buhanuddin, menyatakan bahwa angka 1 juta rumah tersebut dibagi menjadi dua tujuan target pasar. Pertama, 600 ribu rumah untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), dan 400 ribu rumah lainnya untuk masyarakat non-MBR. Rumah untuk MBR memiliki subsidi KPR yang meringankan sedangkan untuk non-MBR mekanisme penjualan rumah diserahkan sepenuhnya kepada pihak pengembang dan bank selaku penyedia KPR. Adapun harapan dari program ini yaitu untuk membantu MBR memiliki hunian pribadi sehingga kesejahteraan masyarakat terus meningkat.

Program Sejuta Rumah ditujukan untuk mengurangi backlog atau kekurangan jumlah rumah. Di Indonesia 13.5 juta keluarga belum memiliki hunian pribadi sedangkan kebutuhan akan rumah pribadi akan terus meningkat. Dengan adanya program ini diharapkan backlog dapat segera teratasi.

Namun seringkali banyak yang salah paham akan program ini. Menurut Syarif, sosialisasi program ini belum berlangsung secara efektif. Masih banyak masyarakat yang datang ke Direktorat Jenderal Penyedian Perumahan Kemenpura untuk maksud yang keliru. Pemerintah tidak bisa langsung memberikan rumah kepada masyarakat, tetap harus melalui serangkaian prosedur antara lain survei dan persiapan lain sebelum rumah dibangun. Yang dimudahkan dalam program ini adalah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biaya DP, angsuran dan proses administrasinya.

Hingga Juli 2015 melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), 76.000 unit rumah telah berhasil difasilitasi pembangunannya. Dana yang diperlukan untuk pembangunannya sebesar 5.1 triliun rupiah.

Melalui pengalaman tersebut, diharapkan program tahun ini bisa lebih matang dan meraih pencapaian yang lebih baik lagi. Proses sosialisasi yang tepat sasaran serta dukungan dari pihak pengembang, property dan bank akan sangat membantu kesuksesan program ini. 

Itu tadi sekilas info tentang Program Sejuta Rumah yang menyediakan perumahan murah. Kalua kamu masih kurang paham, kamu bisa cari informasi melalui sumber-sumber lain yang terpercaya. Semoga informasinya bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment