31 December, 2016

Kesehatan Gigi Juga Pengaruhi Perkembangan Anak

Perkembangan Anak dan Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi Dan Perkembangan Anak - Memiliki Gigi yang sehat masih menjadi hal yang kurang diperhatikan saat ini bagi sebagian orang di Indonesia terutama para orang tua yang memiliki anak kecil. Masih ada saja orang tua yang merasa santai ketika anaknya setiap malam setelah makan langsung tidur dan lupa atau malas untuk menyikat giginya. Padahal rasanya sakit gig itu luar biasa dahsyatnya sampai-sampai ada lagunya yang membandingkan sakit gigi dan sakit hati. Bahkan kesehatan gigi itu bisa mempengaruhi perkembangan anak anda loh.

Menurut penelitian perkembangan anak usia dini menurut para ahli dipengaruhi oleh beberapa faktor dan kesehatan gigi juga termasuk menjadi salah satu faktor. Tingkat peduli orang tua terhadap kesehatan gigi anak dirasa masih kurang.  Drg Melissa Adiatman PhD, peneliti IPKESGIMI, mengatakan bahwa sebuah Survei Kesehatan Gigi Nasional tahun 2015- 2016 yang diselenggarakan oleh PT Unilever Indonesia Tbk bersama Pengurus Besar PDGI dan Ikatan Profesi Kedokteran Gigi Masyarakat Indonesia (IPKESGIMI) dapat disimpulka ternyata hanya 25,6 persen anak usia 6 tahun dan 42,3 persen anak usia 12 tahun yang bisa dikatakan memiliki kesehatan gigi yang bagus atau bebas dari karies gigi. 

Dari angka pada hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa jumlah anak yang kesehatan giginya tidak terawat jauh lebih  banyak dibandingkan yang memiliki gigi sehat.

Kemudian Drg Melissa juga menambahkan rendahnya tingkat kesehatan gigi pada anak tersebut karena kebiasaan menyikat gigi yang salah dan kebiasaan tidak mengunjungi dokter gigi secara teratur.  Seharusnya kesehatan gigi pada anak dijaga dan dirawat dengan baik agar masa depan anak tidak terkendala oleh beragam gangguan pada kesehatan giginya. Fakta juga menunjukan bahwa orang Indonesia masih banyak yang membawa anaknya periksa ke dokter gigi secara rutin, bahkan kebanyakan orang tua membawa anak mereka ke dokter gigi justru setelah anak mereka mengalami gangguan pada gigi mereka atau sudah terlanjur sakit baru kedokter, bukan sebaliknya seharusnya ke dokter gigi untuk periksa dan mencegah gangguan pada gigi.

Demikian info yang bisa timnasindonesia.info hadirkan semoga bisa menambah referensi atau masukan untuk anda semua para pembaca, terutama yang sudah memiliki anak hendaklah biasakan bagi anak untuk menjaga kesehatannya termasuk kesehatan gigi. Biasakan kepada anak agar selalu mengggosok gigi sebelum tidur, jangan biasakan anak anda tidur sebelum gosok gigi. Dan juga pada siang hari setelah makan atau ngemil permen dan makanan manis ajarkan pada anak untuk gosok gigi dan berkumur kumur bila perlu setiap hari.

0 comments:

Post a Comment