16 January, 2017

BAGAIMANA MEMBANGUN KELUARGA YANG BAHAGIA

keluarga yang bahagia timnasindonesia.info
Memiliki keluarga yang bahagia tentu menjadi impian semua orang. Keluarga yang bahagia tentu membuat orang-orang yang ada dalam keluarga tersebut menjalani hari dengan semangat. Keluarga menjadi salah satu factor pendorong utama seseorang menjadi sukses. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk memiliki keluarga yang bahagia? Sesuai dengan judul artikel ini, membangun keluarga yang bahagia, maka tentu perlu material-material untuk ‘membangun’ keluarga bahagia tersebut. Apa saja ‘material’ yang dibutuhkan? Informasi berikut ini mungkin berguna bagi anda.

1. Jagalah komunikasi
Komunikasi yang baik yang terjalin antar anggota keluarga akan sangat membantu dalam menjaga keharmonisan keluarga. Tanpa komunikasi yang baik, antara anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya akan terasa canggung dan tiap anggota keluarga cenderung menyimpan masalahnya sendiri yang dikemudian hari malah akan menambah lebih banyak masalah seperti misalnya saat masalah yang disimpannya tersebut akhirnya harus menumpuk dan membuat dia ‘meledak’ sehingga masalah yang ada malah jadi semakin besar. Tanpa komunikasi yang baik juga akan menyebabkan sebuah keluarga tidak terasa seperti keluarga, rumah hanya seperti tempat untuk makan, tidur, mandi, dan kegiatan sehari-hari lain dengan sedikit bahkan tidak ada percakapan yang terjadi.

2. Berilah rasa saling percaya pada setiap anggota keluarga
Rasa percaya yang diberikan akan membuat setiap anggota merasa bertanggung jawab atas kepercayaan yang diperolehnya. Dengan begitu setiap anggota keluarga pasti mencoba sebaik mungkin untuk mempertahankan kepercayaan tersebut.

3. Sediakan ‘quality time’ untuk keluarga
Sediakan waktu setidaknya satu hari dalam seminggu yang benar-benar khusus sebagai waktu untuk keluarga yang tidak diintervensi oleh pekerjaan maupun teman-teman. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk menjaga rasa sayang dalam keluarga dan menjaga keharmonisan keluarga.

4. Bijaklah dalam menyikapi masalah yang terjadi dalam keluarga
Menyikapi masalah dengan bijak tentunya akan menjadikan masalah bukanlah suatu yang perlu terlalu banyak perhatian. Jika terjadi masalah dalam keluarga, jangan panic dan memutuskan segalanya sendiri. Bermusyawarahlah dan mintalah pendapat anggota keluarga lain atas setiap masalah yang terjadi agar tidak terjadi kekacauan dan setiap anggota keluarga akan merasa keberadaannya dihargai.

5. Bersikaplah lapang dada
Entah itu dalam menghadapi masalah maupun sikap anggota keluarga. Jika berlapang dada terhadap masalah, maka masalah tidak akan bertambah besar. Dan jika berlapang dada terhadap anggota keluarga maka keluarga tidak akan mudah terguncang. Jika terjadi masalah dengan anggota keluarga, cobalah untuk tetap menyelesaikannya dengan kepala dingin dan berlapang dadalah untuk meminta maaf agar masalah tidak berkembang semakin besar.

Nah pembaca Timnasindonesia.info , Itu tadi beberapa ‘material’ untuk membangun keluarga yang bahagia. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment