01 February, 2022

Makanan Superfood yang Patut Anda Coba !

    Dalam beberapa tahun terakhir, tren makanan superfood mulai berkembang dan familiar di negara kita Indonesia, Superfood adalah kelompok makanan yang dianggap memiliki kekayaan nutrisi begitu padat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Kebanyakan diantaranya termasuk sumber makanan nabati. Meskipun begitu, ada juga ikan-ikanan dan produk susu yang dianggap masuk dalam kategori superfood. Blueberry, salmon, dan acai berry merupakan beberapa contoh makanan yang telah dinobatkan sebagai superfood. Jika anda ingin mengetahui detail rinci dan berbagai produk superfood, cobalah mengunjungi superfood (bahas manfaat & jual superfood)

Superfood Blueberry
 

Namun menurut American Heart Association, perlu diketahui bahwa tidak ada set kriteria maupun daftar yang disetujui dari sejumlah makanan tertentu untuk menentukan apa yang tergolong superfood dan bukan. Karena itu tidak ada ketentuan mutlak mengenai apa saja yang termasuk dalam kategori superfood.

1.    Blueberry

Ini yang paling sering disebut dalam daftar superfood saat ini, karena kekayaannya akan vitamin, serat larut dan fitokimia. Dalam studi yang diterbitkan pada tahun 2013 di jurnal Circulation ditemukan di dalam blueberry terdapat asupan tinggi fitokimia yang dikenal sebagai flavonoid. Selain itu, blueberry dapat mengurangi risiko kondisi jantung tertentu pada wanita muda.

2.    Telur

Meskipun dulu telur memiliki masa lalu yang kelam, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, sains membuktikan bahwa telur tidak akan membuat kolestrol menjadi tinggi, sebagaimana yang sering dipahami kebanyakan kita selama ini. Bahkan, dalam satu butir telur mengandung sepertiga dari jumlah harian vitamin K yang direkomendasikan untuk wanita. Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, konsumsilah dua sampai tiga telur porsi dalam seminggu. Telur juga memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi, termasuk mineral dan vitamin penting, seperti vitamin K, B12, dan asam folat. 

3.    Ikan berminyakIkan berminyak merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik, didalamnya juga terkandung mineral seperti iodin, kalium, selenium, dan zinc. Ikan yang mengandung banyak vitamin D dan selenium untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, dan tulang salah satunya adalah salmon liar. Juga sarden diperkaya oleh vitamin B. Sangat baik jika ikan berminyak dikonsumsi dalam waktu 3 minggu sekali. Bagi anda yang tidak suka ikan, cobalah biji rami, chia seed, atau kacang kenari yang juga mengandung omega-3 yang tinggi.
 
4.    Bawang putihUntuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan mempromosikan pertumbuhan sel darah putih – pelawan kuman alami yang diproduksi tubuh, bawang putih bisa menjadi pilihan. Dalam memperlambat pertumbuhan bakteri berbahaya, ragi, dan jamur, bawang putih sangat ampuh membantu. Selain itu, bawah putih yang segar dan kering juga terbukti menurunkan kolesterol LDL berbahaya dan tekanan darah tinggi.

0 comments:

Post a Comment