24 February, 2017

Pahami Jenis Kecerdasan Manusia, Agar Kamu Tidak Merasa Bodoh

Jenis Kecerdasan Manusia

Jika kamu memahami jenis kecerdasan manusia, kamu tidak akan pernah merasa jadi manusia paling bodoh sedunia. Dengan nilai paling rendah hampir di seluruh mata pelajaran bahkan seolah tak memiliki kemampuan apa-apa dibandingkan dengan teman yang lain. Juga melihat hasil tes IQ dengan skor yang sama sekali tak memuaskan. Bukan berarti kamu bodoh sedunia.
 
Kamu hanya belum menemukan sisi kecerdasanmu. Di dunia ini ada beberapa jenis kecerdasan yang tidak bisa diukur dengan tes IQ atau berlembar-lembar ujian lainnya. Untuk itu mari ketahui beberapa jenis kecerdasan manusia yang bisa jadi kamu memiliki salah satunya atau bahkan lebih dari satu.
 
1.    Kecerdasan Penyelidik Alam: Kamu merasa senang dengan AlamKalau kamu merasa lebih asyik berada dekat dengan alam, bisa jadi kecerdasan penyelidik alam. Ada saat dimana kamu tidak akan mengeluh saat teman-temanmu merengek kelelahan karena naik gunung. Malah kamu lebih sering tersenyum sambil menikmati panorama megah ciptaan tuhan. Kamu juga merasa bahwa membuang sampah dan menanam pohon untuk merawat alam adalah tugas yang harus kamu lakukan.
 
Pernahkah? Jika kamu merasa senang berada di alam dan ingin merawat alam seperti alam merawatmu berarti kamu memiliki kecerdasan penyelidik alam atau naturalist intelligence. Ada banyak profesi yang cocok dengan kecerdasanmu. Seperti pemandu wisata, pendaki gunung, peneliti alam, nelayan, petani dan masih banyak lagi.
 
2.    Kecerdasan dalam Bermusik: Musik membuatmu mudah menyampaikan apapunHatimu akan merasa damai jika bernyanyi atau merasa musik. Ada kebahagiaan yang terus tumbuh di hatimu selama bermain musik. Saking sukanya dengan musik mungkin melodi-melodi tersebut bermain di kepalamu. Hingga memudahkan kamu untuk mengekspresikan perasaanmu melalui musik.
 
Jika ini terjadi padamu maka kamu memiliki kecerdasan dalam betarmusik. Kembangkan kecerdasanmu hingga nanti akan membuahkan hasil. Bahkan bisa kamu jadikan profesi seperti gitaris, pianis, pembuat lagu, condutor, penyanyi dan masih banyak lagi.
 
3.    Kecerdasan Logika-Matematika: Matematika dan logika membuatmu merasa tertantang dan senangKalau teman-temanmu sangat membenci angka, kamu tak peduli. Malah terkadang kamu mengajarkan mereka bagaimana angka-angka itu menari di kepalamu. Memikirkan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan matematika menjadi hal asyik untuk dilakukan. Bahkan kamu tak pernah mengeluh dan terus mencari tahu soal-soal yang hingga kini belum kamu rutemukan jawabannya. Dan saat jawaban itu telah tertulis di kertasmu akan ada sebuah senyuman yang terukir di wajahmu. Sering kali pula, dahimu akan mengernyit setiap ada peristiwa janggal yang mengganggu pikiranmu. Sesuatu yang tidak bisa di logika.
 
Kalau kamu merasa matematika dan logika adalah hal yang menyenangkan maka jangan berhenti untuk terus belajar matematika. Karena dengan terus belajar matematika dan memahami logika, kamu bisa mengembangkan kecerdasan dalam logika-matematika. Suatu saat nanti jika kamu tekun akan bisa menjadi sebuah profesi yang menyenangkan. Sesuai dengan kesukaanmu. Seperti dosen matematika, matematikawan, aktuaris, programmer, detektif, polisi dan masih banyak lagi.

4.    Kecerdasan Eksistensial: Pertanyaan asal mula sering memenuhi kepalamuSering kali kamu berpikir apa surga itu ada? Apa tuhan itu ada? Kenapa kamu terlahir sebagai kamu bukan dia atau mereka? Apa malaikat maut itu ada? Dan apa buktinya kalau mereka ada.

Jika itu pernah terjadi padamu dan dengan keras kamu mencari tahu jawabannya maka bisa dipastikan kamu memiliki nilai lebih pada kecerdasan eksistensial. Mempertanyakan sebuah ke’ada’an hingga mendapatkan sebuah jawaban bisa memberikan sebuah kepuasan batin untukmu. Pun ada profesi yang sangat cocok untukmu yaitu menjadi seorang filsuf.
 
5.    Kecerdasan kinestetik: Dengan tubuh bergerak membuatmu bahagia Menari, berolahraga, mengukir, atau melakukan gerakan tubuh lainnya membuatmu senang. 
Kadang jika tidak melakukan aktifitas tersebut dalam sehari bisa membuatmu merasa tak nyaman. Bahkan saking asyiknya dengan kegiatan yang membutuhkan kekuatan fisik dan konsentrasi itu bisa membuatmu lupa waktu.
Kamu bagus dalam berolahraga, menari atau gerakan tubuh lain? Maka kembangkanlah. Karena kamu memiliki kecerdasan kinestetik. Dengan tekun berlatih kamu bisa memiliki profesi yang menurutmu menyenangkan. Seperti atlet, olahragawan, pelatih olahraga, penari, pengukir, pemahat dan masih banyak lagi.
 
6.    Kecerdasan Linguistik: Tulisan membuatmu nyaman dalam berekspresiBerbicara di depan umum sering membuatmu gelagapan. Bukan karena kamu tidak tahu apa-apa tentang topik yang akan kamu sampaikan. Hanya saja berada di depan banyak orang sering kali membuatmu gugup hingga semua isi kepala rasanya kosong. Bahkan keringat dingin masih saja meluncur dengan deras di sekujur tubuhmu.
Tapi saat berhadapan dengan rangkaian kata yang tertuang dalam lembaran kertas, banyak hal yang memenuhi isi kepalamu. Rasanya ingin sekali mereka segera tertuang dalam rangkaian cerita. Jika itu yang terjadi padamu maka kamu memiliki kecerdasan linguistik. Kembangkanlah. Hingga suatu saat nanti kecintaanmu pada tulisan bisa berbuah manis. Bahkan bisa menjadi profesi seperti editor, penulis, jurnalis, cerpenis, redaktur koran dan masih banyak lagi.
 
7.    Kecerdasan Intrapersonal: Mudah empati dengan orang lainMembuat orang lain nyaman bercerita denganmu adalah hal yang paling mudah untuk kamu lakukan. Tanpa diminta untuk bersikap sopan dengan mereka kamu akan melakukan dengan senang hati. Saat mereka bercerita kamu juga sangat tahu bagaimana perasaan mereka melalui cerita. Ditambah lagi kamu juga lihai dalam bernegosiasi dengan orang lain.
Jika itu terjadi padamu maka kamu memiliki kecerdasan intrapersonal. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di dunia ini seperti networker, guru, tenaga kependidikan, psikolog dan masih banyak lagi.

8.    Kecerdasan Spasial: Bentuk-bentuk visual yang mudah kamu hafalMenggambar bentuk-bentuk 3D membuatmu senang. Kamu juga tak jarang membayangkan berbagai bentuk yang hanya ada di kepalamu. Ciri-ciri orang dengan kecerdasan spasial adalah mereka lihai dalam mengamati gambar. Meski benda tersebut diubah posisinya, mereka akan mengenali bagaimana alurnya hingga bisa berubah. Seolah mereka berubah di dalam kepala.
 
Kemampuan spasial sangat berhubungan dengan bentuk-bentuk visual yang terkadang membingungkan bagi sebagian orang. Seperti manipulasi bangun ruang. Kalau kamu merasa asyik dengan segala bentuk visual mungkin inilah kecerdasan kamu. Kecerdasan spasial. Kamu perlu mencari tahu lebih banyak kecerdasan ini untuk bisa mengembangkan kemampuan dirimu. Hingga bisa memilih profesi sesuai dengan kecerdasan spasial seperti arsitek, fotografer, pilot dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Apakah kamu sudah menemukan kecerdasan yang menjadi milikmu? Kenalilah agar kamu bisa menjadi manusia yang bersinar. Selain itu mengetahui jenis kecerdasan ini penting bagi kamu dalam menentukan jenis karir apa yang akan kamu pilih. Ingat menghabiskan waktu dengan pekerjaan yang tidak dinikmati bisa terasa seperti di penjara ribuan tahun. Tapi dengan menikmati pekerjaan yang kamu sukai bisa menjadi piknik setiap saat.

0 comments:

Post a Comment