01 January, 2022

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Jika anda mengalami peristiwa perut kembung pada bayi anda mungkin disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini yaitu:

Perut Kembung Bayi

1.    Makanan yang diberikan kurang higienis dan kelebihan makan
Organ tubuh bayi sangat muda dan dan masih belum matang untuk melakukan proteksi terhadap berbagai ancaman yang datang dari luar. Karena itu dalam memberi makan pada bayi, makanan yang tidak higienis bisa menjadi faktor adanya perut kembung ditambah juga kelebihan makan. Karena seringkali kita beranggapan bahwa dengan banyak makan akan membantu menunjang pertumbang fisik mereka. Yang baik itu tidak terlalu berlebihan, agar kesehatan sekaligus pertumbuhan mereka tetap seimbang dan terjaga.

2.    Ibu yang mengkonsumsi banyak makanan bergas

Karena bayi masih mengonsumsi ASI dari ibunya, maka faktor makanan yang dimakan oleh ibu juga akan berpengaruh pada kesehatan bayinya, termasuk terjadinya perut kembung pada bayi. Salah satunya adalah disebabkan oleh faktor orang tua sendiri yang senang mengkonsumsi makanan-makanan dengan kadar gas tinggi, misalnya seperti kubis, kembang kol, brokoli, bawang atau kacang. Ini perlu anda perhatikan dengan baik, ibu tidak bisa seenaknya memakan berbagai macam makanan sementara ia masih dalam proses menyusui ASI kepada anaknya. Karena itu, jagalah nafsu makan anda dan usahakan makan-makan yang bernutrisi agar bayi juga mendapatkan asupan yang sama.

3.    Masuknya minuman selain ASI
Bayi yang masih berusia dibawah enam bulan sebaiknya tidak diberikan air minum selain ASI terlebih dahulu. Jika diberikan semisal air minum, ditakutkan akan memberikan dampak negatif bagi si bayi termasuk salah satunya yaitu perut kembung. Dalam usia yang rentan tersebut, mereka belum bisa diperbolehkan untuk minum air selain ASI, juga susu formula, karena hal ini dapat meningkatkan kesulitan si anak untuk membuang gas dari perutnya. Pun juga seperti jus, jus bisa mengakibatkan bayi mengalami diare, sakit perut dan gas berlebih. Ini dikarenakan kesulitan pencernaanya dalam mencerna kandungan gula buah yang terdapat dalam jus buah tersebut.

4.    Ukuran Dot Bayi
Jika bayi sudah diperboleh untuk meminum susu formula, maka ketika akan meminumkan susu formula kepadanya, pilihlah dengan lebih cermat dot bayi yang pas bagi si buah hati. Dot yang ujungnya terlalu kecil ataupun terlalu besar bisa membuat udara lebih banyak masuk ke dalam perut bayi. Hal inilah yang terjadi ketika sedang minum susu dan dapat menimbulkan masalah pada perut mereka mulai dari sakit perit sampai perut kembung.

Dalam menanggulangi adanya perut kembung pada bayi cobalah untuk lebih memperhatikan beberapa penyebab di atas, di sana anda akan bisa mencari sendiri solusi yang tepat untuk menghindari mereka dari ancaman perut kembung. Jika perut kembung terjadi pada bayi maka cobalah untuk menelusuri pencarian cara mengatasi perut kembung pada bayi. Dengan begitu, Anda akan menemukan tips mengenai cara mengatasi hal tersebut.

2 comments: