03 February, 2017

Tips Sablon Kaos Sendiri Bagi Pemula

Sablon Kaos Pemula Sendiri

Memang mengasyikkan jika kita bisa membuat sablon kaos  sendiri dengan warna-warna dan gambar yang kita inginkan. Selain dapat berkreasi sendiri, kita juga bisa mendapatkan berbagai benefit lainnya dari membuat sablon sendiri ini. Tetapi yang perlu diingat juga membuat sablon sendiri menuntut daya kreatifitas dan kehati-hatian yang tinggi, apalagi jika sablon menjadi sebuah bisnis atau usaha. Karena itu, bagi anda yang masih pemula harus memiliki modal ketekunan yang kuat untuk dapat menghasilkan sablon kaos yang baik.

Sablon merupakan teknik mencetak gambar atau desain apapun pada kaos dengan cara menggunakan peralatan seperti screen, rakel, dan cat sablon. Cara ini terbilang cara yang tradisional karena saat ini sudah ada cara cetak kaos atau menyablon kaos dengan peralatan digital atau yang lazim di kenal istilah teknik printing. Teknik printing ini memang lebih cepat dalam mencetak gambar untuk kaos karena menggunakan peralatan yang modern, sering kali cara ini digunakan oleh para pengusaha kaos distro, agar hasil yang di dapat lebih maksimal.

Dalam pembahasan berikut ini, kita akan mengupas tips bagaimana caranya agar bisa menghasilkan sablon kaos yang baik untuk anda para pemula. Anda bisa melakukan ini di rumah. Berikut langkahnya:

Pertama yang harus disiapkan untuk bisa membuat sablon kaos sendiri di rumah adalah menyediakan berbagai barang dan alat yaitu berupa:

1. Persiapkan kaos yang akan di sablon. Usahakan kaos tersebut merupakan kaos yang polos.
2. Siapkan papan tripleks yang ukurannya sesuai dengan ukuran kaos yang akan di sablon.
3. Sediakan screen dengan desain atau gambar yang akan di sablon telah di afdruk pada screen tersebut.
4. Juga sediakan alat untuk meratakan cat sablon, alat tersebut lazim disebut dengan istilah rakel.
5. Terakhir, persiapkan cat sablon yang warna yang sudah Anda pilih.
Kedua, dalam rangka membuat sablon kaos sendiri di rumah adalah menyablon kaos tersebut dengan cara sebagai berikut :
1. Pertama, papan tripleks dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kaos secara rata dan rapi. Hal ini dimaksudkan agar permukaan kaos yang akan di sablon rata.
2. Letakkan screen di atas kaos polos yang telah disediakan. Usahakan posisinya tepat, lurus dan seimbang.
3. Tambahkan cat sablon pada bagian atas permukaan screen.
4. Ratakan cat sablon tersebut dengan menggunakan rakel. Usahakan tangan bergerak secara vertikal dari bawah ke atas sampai cat di rasa sudah cukup dan rata.
5. Kemudian keringkan kaos yang di sablon dengan bantuan sinar matahari.
6. Segeralah cuci screen bekas menyablon tersebut. Agar sisa cat tidak kering dan menempel di screen.

0 comments:

Post a Comment