13 July, 2017

Alasan Cadangan Minyak Pertamina Kalah Jauh Dari Petronas

Petronas Pertamina Cadangan Minyak

Pada artikel kali ini TimnasIndonesia akan share artikel menarik dari situs kumparan mengenai Pertamina dan cadangan minyaknya.

PT Pertamina (Persero) belum bisa menyaingi Petronas Carigali Sdn Bhd. Petronas tidak lain adalah perusahaan minyak dan gas (migas) pelat merah asal Malaysia.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengungkapkan secara head to head Pertamina masih di bawah Petronas. Hal ini yang dia ungkapkan saat rapat tertutup selama 3 jam dengan Badan Legislasi DPR guna membahas revisi Rancangan Undang-Undang No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, hari ini.

"Pertamina itu kan perlakuannya sama saja sama perusahaan lain. Jadi kalau mau impor ya segini begitu masuknya ke habitatnya di energy company pasti banyak tantangan," kata Elia Massa Manik di gedung Nusantara I DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/7).
Petronas.

Misalnya dia mencontohkan Petronas memiliki cadangan minyak cukup besar bila dibandingkan Pertamina. Perbandingannya bisa 1 berbanding 4.

"Misal cadangan kita itu cuma 3 miliar barel sedangkan Petronas sudah 12 miliar barel, jadi masih jauh," sebutnya. 

Selain itu, belanja modal atau capital expenditure/capex yang disiapkan Petronas juga jauh lebih tinggi dibandingkan Pertamina. Peningkatan belanja modal padahal penting guna menaikkan produksi minyak dan gas Pertamina.

"Capex kita itu rata-rata lima tahun ini 20 miliar dolar AS sekian. Petronas 80 miliar dolar AS per lima tahun," sebutnya.

Referensi : kumparan.com

0 comments:

Post a Comment