15 August, 2022

Cara Kerja dan Biaya Operasi Ganti Bonggol Pinggul

 

Ganti Bonggol Pinggul

Operasi penggantian pinggul total (total hip replacement) merupakan prosedur medis mengangkat sendi pinggul yang sakit lalu menggantinya dengan sendi prostetik implan atau buatan dari logam keras atau plastik. Biasanya, dokter menyebut operasi ini dengan istilah artroplasti. Sendi prostetik baru bisa mengembalikan fungsi pinggul & membantu mengurangi rasa sakit akibat artritis. Yang melakukan operasi ini adalah dokter ortopedi.

Siapa yang Harus Menjalani Operasi Ganti Bonggol Pinggul?

Biasanya, operasi ini dianjurkan untuk mengobati penderita arthritis yang memburuk & melibatkan sendi panggul. Kebanyakan, prosedur ini dilakukan untuk penyakit artritis degeneratif yang disebut osteoarthritis. Ini merupakan kondisi yang terkait penuaan, trauma, atau kelainan bawaan. Prosedur ini juga mungkin perlu dilakukan oleh pasien yang menderita rheumatoid arthritis, osteonekrosis pada tulang pinggul, penyakit sistemik, serta patah tulang yang mempengaruhi pinggul.

Biasanya, pasien yang direkomendasikan untuk melakukan operasi ini adalah mereka yang mengalami sakit kronis & progresif, dan mengarah ke penurunan fungsi tubuh. Jadi, dokter akan memastikan dulu apakah pasien benar-benar harus menjalankan operasi ini atau hanya perlu pengobatan lain yang non-bedah.

Cara Kerja Operasi Ganti Bonggol Pinggul?

Sebelumnya, dokter bedah akan melakukan pemeriksaan fisik umum, rontgen, tes darah, dan MRI guna memastikan pasien benar-benar sehat untuk menjalani operasi serta memeriksa apakah sendi & otot disekitarnya cocok untuk penggantian bonggol pinggul.

Operasi ini menggunakan metode minimal invasif atau teknik bedah tradisional. Dalam teknik bedah tradisional, diperlukan bius total. Kemudian, dokter bedah akan membuat 8 - 10 sayatan di sisi pinggul. Untuk metode minimal invasif, sayatannya lebih pendek sehingga darah yang hilang lebih sedikit dan juga mengurangi rasa sakit.

Berapa Biaya Operasi Ganti Bonggol Pinggul?

Pasien yang ingin menjalankan operasi ini harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh dokter bedah, baik sebelum, selama, maupun setelah operasi. Biayanya juga berbeda-beda. Tetapi, biaya operasi ganti bonggol pinggul umumnya berkisar mulai dari 70 jutaan rupiah. Tentu saja, biaya ini belum termasuk biaya lain-lain seperti biaya tak terduga dan biaya perawatan pasca operasi.


0 comments:

Post a Comment